Mahasiswa Berkarakter

Mahasiswa Berkarakter

          Mahasiswa berkarakter itu memiliki sikap dan perilaku yang baik, yang sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa berkarater itu pasti memiliki kepekaan sosial. Sifat Mahasiswa berkarakter itu banyak, seperti aktif, jujur, kreatif, bertanggung jawab, berani, sopan santun, disiplin, mandiri, dan ulet. Menurut saya poin penting dari mahasiswa berkarakter itu adalah aktif. Entah itu aktif dalam hal apa. Apakah aktif dalam bertanya, aktif berorganisasi, aktif mencari informasi, aktif berkarya, atau bahkan juga aktif dalam beinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.  Maksud dari aktif sendiri adalah suat sifat seseorang dimana dia tidak mau diam dalam keadaan tertentu karena dia memiliki keinginan untuk berkembang.

Secara alamiah manusia memiliki sifat aktif. Aktif bersosial merupakan poin penting sebagai mahasiswa berkarakter. Contoh peran aktif mahasiswa adalah aktif bertanya adalah jika mahasiswa belum sepenuhnya faham, dia akan  berani bertanya entah pada dosen atau teman. Aktif berorganisasi yaitu aktif mengikuti kegiatan sosial seperti organisasi atau unit kegiatan. Aktif mencari informasi adalah karakter mahasiswa yang penting, mencari informasi bisa lewat internet, buku, atau bertanya. Aktif berkarya yaitu aktif berinovasi. Atau bisa diartikan aktif menyampaikan ide-ide yang inovatif. Aktif berinteraksi itu penting untuk mahasiswa, agr mahasiswa tidak hanya diam saja. Entah berinteraksi dengan dosen, teman, senior, junior ataupun masyarakat. Salah satu bentuk keaktifan mahasiswa yang perlu diapresiasikan adalah kegiatan peduli lingkungan dan sosial.


Itulah beberapa pemikiran saya tentang mahasiswa berkarakter. Semoga kita semua termasuk dalam golongan mahasiswa yang berkarakter.

Komentar

Postingan Populer