PENERAPAN ILMU FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

PENERAPAN ILMU FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Banyak orang yang  tidak menyadari bahwa banyak peristiwa yang melibatkan Ilmu Fisika. Bahkan Fisika merupakan ilmu dasar yang sangat dibutuhkan oleh cabang ilmu-ilmu lain. Fisika sendiri mempunyai cakupan yang luas bukan hanya membahas rumus saja. Berikut adalah beberapa contoh penerapan Ilmu Fisika dalam kehidupan sehari-hari :

1.     Gerak Lurus Beraturan

Gerak  Lurus Beraturan (GLB) merupakan gerak yang memiliki kecepatan yang konstan. Walaupun GLB sulitditemukan dalam kehidupan sehari-hari ada salah satu contoh GLBB yaitu kapal laut yang menyeberangi lautan atau samudera. Ketika melewati laut lepas, kapal laut biasanya bergerak pada lintasan yang lurus dengan kecepatan tetap.

2.     Gerak Lurus Berubah Beraturan

GLBB adalah gerak benda yang kecepatannya bertambah secara teratur atau berkurang secara teratur. Perubahan kecepatan tersebut dinamakan percepatan. Contoh GLBB yang selalu kita jumpai dalam kehidupan hanya gerak jatuh bebas, seperti buah mangga yang lezat atau buah kelapa yang jatuh dari pohonnya.J

3.   Gerak Parabola

Gerak Parabola adalah gerak keatas yang lintasannya berupa garis melengkung. Banyak contoh penerapan gerak parabola seperti ketika bermain tennis, bulu tangkis atau tendangan sepak bola

4.   Gelombang Elektromagnetik:

Banyak contoh dari penerapan gelombang elektromagnetik yaitu TV, ponsel, microwave, radio, dan radar yang berfungsi sebagai alat komunikasi, alat informasi dan juga hiburan. Di bidang medis ada sinar-x atau Röntgen yang 2 dimensi dan CT Scan yang 3 dimensi. Ada juga
Magnetic Resonance Imaging (MRI) istilah kerennya menggunakan pemanfaatan aktivitas fisis spin tubuh manusia pada saat berada dalam medan magnet yang kuat dan kemudian dengan sistem gangguan gelombang radio yang sama dengan frekuensi Larmor, menghasilkan sebuah sinyal listrik. Banyak teknologi lain yang dikembangkan oleh para fisikawan dan ilmuwan lain untuk kedokteran seperti halnya ultrasonografi, linear accelerator untuk radioterapi, dan juga CT dan USG 4 Dimensi.

5.   Energi Nuklir

Teknologi dan teknik penggunaan nuklir dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang besar untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Misalnya, nuklir dapat digunakan di bidang pertanian, seperti pemuliaan tanaman Sorgum dan Gandum dengan melalui metode induksi mutasi dengan sinar Gamma. Di bidang kedokteran ada terapi three dimensional conformal radiotherapy (3D-CRT), yang dapat mengembangkan metode pembedahan dengan menggunakan radiasi pengion sebagai pisau bedahnya. Dengan teknik ini, kasus-kasus tumor ganas yang sulit dijangkau dengan pisau bedah konvensional menjadi dapat diatasi, bahkan tanpa merusak jaringan lainnya. Di bidang energi, nuklir dapat berperan sebagai penghasil energi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

6.   Hukum Newton

Hukum  1 newton : “Sebuah benda mempertahankan kedudukannya”
Contoh : jika kita dalam sebuah mobil saat mobil itu tiba2 maju badan kita tba2 terdorong
ke belakang

Hukum  2 newton : “F = m . a. Contoh saat kita berada dalam lift
Hukum 3 newton :
Gaya aksi = reaksi
contoh : saat kita menekan papan tulis (aksi) maka papan tulis memberikan reaksi , bila
aksi lebih besar dari pada reaksi maka papan tulis akan rusak dan sebaliknya

7.     Kalor
Perubahan wujud zat yaitu peristiwa yang memerlukan atau melepaskan kalor sehingga terjadi perubahan zat  dari wujud yang satu ke wujud yang lain. Jenis- jenis Perubahan wujud zad yaitu:
1.      Membeku = Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh peristiwa mencair yaitu air yang dimasukkan dalam freezer akan menjadi es batu, lilin cair yang didinginkan.
2.      Mencair = Peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh peristiwa mencair yaitu pada batu es yang berubah menjadi air, lilin yang dipanaskan.
3.      Menguap = Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contohnya air yang direbus jika dibiarkan lama-kelamaan akan habis, bensin yang dibiarkan berada pada tempat terbuka lama-lama juga akan habis berubah menjadi gas.
4.      Mengembun = Peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh mengembun adalah ketika kita menyimpan es batu dalam sebuah gelas maka bagian luar gelas akan basah, atau rumput di lapangan pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan
5.      Menyublim = Peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh menyublim yaitu pada kapur barus (kamper) yang disimpan pada lemari pakaian lama-lama akan habis.
6.      Mengkristal = Peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh mengkristal adalah pada peristiwa berubahnya uap menjadi salju
8.     Pemuaian
a.       Termometer Memanfaatkan pemuaian zat cair (raksa atau alkohol) pada tabung thermometer. Pemuaian ini digunakan sebagai indicator (petunjuk) suhu.
b.      Mengeling Pelat Logam Umumnya dilakukan pada pembuatan container dan badan kapal besar. Mengeling adalah menyambung 2 pelat logam dengan menggunakan paku keling. Paku keling dipanaskan sampai bepijar kemudian dimasukkan dalam lubang pelat logam. Ujung paku keling itu dipukul hingga melebar. Setelah dingin paku akan menyusut dan menjepit kedua pelat dengan sangat kuat.
c.       Keping bimetal adalah hasil perpaduan dua keping logam dengan koefisen muai berbeda yang dikeling menjadi satu. Jika dipanaskan akan melengkung ke arah logam dengan koefisien muai kecil. Jika didinginkan akan melengkung kea rah logam dengan koefisien muai besar. Seperti pada Skalar termal,Termostat bimetal, Termometer bimetal, dan juga Lampu sen motor/mobil



Masih banyak hal lagi yang belum bisa saya sampaikan  mengenai penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari, seperti peristiwa konduksi, konveksi, radiasi, adesi, kohesi, dsb. Sampai ketemu dilain kesempatan. Salam Fisika ^^


Komentar

Postingan Populer