Perkembangan Media Penyimpanan

Gambar 1. Berbagai jenis media penyimpanan


Bagi kita semua pasti sudah tak asing dengan kata media penyimpanan. Tapi apakah kalian tahu media penyimpanan dibagi menjadi 2 yaitu analog dan digital ? Simak perkembangan media penyimpanan dari analog hingga digital berikut ini

SEJARAH MEDIA PENYIMPANAN
Media penyimpanan digunakan sejak zaman dahulu oleh manusia untuk menyimpan berbagai file/berkas, zaman dahulu manusia masih menggunakan media penyimpanan secara analog seperti menggunakan lemari,brankas dan media lain-lainnya. Kemudian manusia menyadari bahwa hal ini sangat tidak efisien mengingat semakin bertambahnya jumlah file/berkas yang mereka hasilkan dan terbatasnya media penyimpanannya. Akhirnya manusia menemukan media penyimpanan digital (digital storage) yaitu komputer , pada artikel ini akan kita bahas media penyimpanan digital mulai dari yang pertama kali ditemukan sampai yang ada pada saat ini.
PUCH CARD
Seorang tokoh yang bernama BasileBouchonpada tahun 1725 merancang sebuah media penyimpanan yang menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Lalu oleh Herman Hollerith alat ini dipatenkan pertama kali pada sekitar 23 September 1884. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun untuk menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.
Puch Tape
Pada tahun 1846 seorang tokoh yaitu Alexander Bain berhasil menjadi orang yang pertama kali mengetahui penggunaan papertape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram. Pada tiap baris tape dapat menampilkan satu karakter, jadi Anda dapat membuat fanfold dengan mudah dan Anda dapat menyimpan beberapa data secara signifikan menggunakan punchtapedibandngkan dengan PunchCard.
Selectron Tube
RCA (Radio Coorporationof America) mulai mengembangkan Selectron Tube pada tahun 1946 yang merupakan awal format memori komputer. Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits.
Magnetic Tape
IBM adalah perusahaan yang pertama kali menggunakan MagneticTape untuk menyimpan data pada tahun 1950-an. Pada waktu sebuah rol magnetictape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 puchcard, hal tersebutlah yang membuat MagneticTape menjadi popular hingga pertengahan tahun 1980-an.
Compact Cassette
Compact Cassette yang biasa disebut kaset, pita kaset, atau tape adalah media penyimpanan data yang diperkenalkan pertama kali oleh Philips di tahun 1963 di Eropa dan tahun 1964 di Amerika Serikat. Kaset terdiri dari kumparan-kumparan kecil. Kumparan dan bagian lainnya ini terbungkus dalam bungkus plastic berbentuk kotak kecil berbentuk persegi panjang. Terdapat 2 sisi pada kaset yaitu side A danside B yang berfungsi untuk memainkan dan merekam
Magnetic Drum
Magnetic Drum adalah perangakat penyimpanan data magnetik dan merupakan bentuk awal dari memori komputer yang banyak digunakan pada tahun 1950-an sampai tahun 1960-an, diciptakan oleh Gustav Tauschek pada tahun 1932 di Austria. Magnetic Drum memiliki panjang 16 inci yang bekerja 12.500 putaran tiap menit (rpm). Media ini digunakan untuk menunjang computer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari memori utama.
Floppy Disk
Floppydisk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Floppydisk diperkenalkan pertama kali pada tahun 1969, saat itu hanya bisa membaca saja (read-only), jadi ketika data tersimpan data tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Empat tahun kemudian floppydisk yang sama muncul dan memiliki kapasistas penyimpanan sebesar 256kB yang dapat ditulis kembali(writeable).
HARD DRIVE
Hard drive atau Hard disk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Diciptakan pertama kali oleh insyinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0.6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpmn dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk pada zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas penyimpanan sampai 1 TB.
Laser disc
Laserdisc adalah sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan video atau film, dan merupakan media penyimpanan data pada cakram optic komersial pertama. Laserdic awalnya dinamakan Discovision pada tahun 1978, teknologinya dilisensikan dan dijual dengan nama ReflectiveOpticalVideodisc, sampai akhirnya Pionerr Electronics memiliki sebagian formati ini dan akhirnya dinamai Laserdisc pada pertengahan dan akhir 1980-an.
Compactdisc
CompactDisc atau cakaram digital adalah sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan data secara digital. Awalnya CD dikembangkan untuk menyimpan audio digital dan diperkenalkan pada tahun 1982. Media ini tetep menjadi format standar dalam pemutaran rekaman audio komersial hingga pertengahan 2006. Sebuah CD audio mengandung satu atau lebih lajur stereo yang disimpan dengan proses pengkodean PCM 16-bit pada sampel rasio 44,1 kHz. CD standar berdiameter 12 cm, yang lebih kecil berdiameter 8 cm. CD berdiameter 12 cm mampu menampung sekitar 80 menit data berupa audio. CD berdiameter 8 cm, yang kadang-kadang digunakan untuk CD demo, mampu menampung sekitar 20 menit data berupa audio. Teknologi CD kemudian diadopsi untuk digunakan sebagai alat penyimpan data yang dikenal sebagai CD-ROM serta untuk media yang dapat ditulis sekali maupun berulang-ulang (CD-R dan CD-RW). CD-ROM dan CD-R tetap digunakan secara luas dalam industri PC hingga tahun 2006. CD dan media lain hasil pengembangannya mencapai kesuksesannya pada tahun 2004. Saat itu penjualan dunia untuk CD audio, CD-ROM, dan CD-R telah mencapai kira-kira lebih dari 30milyar keping.
DVD
DVD (Digital VersatileDisc atau Digital Video Disc) adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpandata, termasuk film dengan kualitas videodan audio yang lebih baik dari kualitasVCD. "DVD" pada awalnya adalahsingkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatiledisc(cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah "DVD" saja, dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun.
 

Komentar

Postingan Populer