RPP Hukum Pascal (Fluida statis)



Nama kelompok :
1.      Aulia Fitri Yunita        (14030184060)
2.      Nurul Hidayah                        (14030184082)
3.      M. Niki Bagus W.S.    (14030184096)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA
Mata Pelajaran          : Fisika
Kelas/Semester          : X/1
Materi Pokok             : Fluida Statis
Alokasi Waktu           : 1 x 3 Jam Pelajaran

A.      Kompetensi Inti
KI 1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,  konseptual,  procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4     Mengolah,  menalar,  dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakanmetoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
3.4       Menerapkan hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari.
4.4       Merencanakan dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil dan makna fisisnya.

C.      Indikator
3.4.1    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi hukum pascal
3.4.2    Memahami konsep fluida statis tentang hukum Pascal melalui video motivasi

3.4.3    Menyebutkan alat yang menggunakan prinsip fluida statis dalam kehidupan sehari-hari
3.4.4    Mengkaitkan hukum pascal dengan dongkrak hidrolik sederhana
4.4.1    Merancang sebuah proyek tentang hukum pascal berdasarkan bahan-bahan yang telah ditentukan
4.4.2    Mempresentasikan hasil rancangan proyek tentang hukum pascal di depan kelas
D.    Tujuan Pembelajaran
3.4.1    Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi hukum pascal setelah mengumpulkan informasi yang relevan
3.4.2    Siswa dapat memahami konsep fluida statis tentang hukum Pascal setelah mengamati video motivasi
3.4.3    Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan alat yang menggunakan prinsip fluida statis dalam kehidupan sehari-hari
3.4.4    Siswa dapat mengkaitkan hukum pascal dengan dongkrak hidrolik sederhana setelah mengetahui prinsip kerja pompa hidrolik
4.4.1    Siswa dapat membuat rancangan dongkrak hidrolik sederhana setelah melakukakan diskusi
4.4.2    Siswa dapat menyajikan rancangan proyek berupa dongkrak hidrolik sederhana di depan kelas setelah melakukakan diskusi
E.     Model Pembelajaran
Model Pembelajaran  : model pengajaran berbasis masalah (Preoblem Based Instruction)
Metode Pembelajaran: metode kelompok aktif
Pendekatan                : pendekatan saintifik
F.     Materi Pembelajaran
Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diberikan di dalam ruang tertutup diteruskan sama besar ke segala arah. Berdasarkan hukum ini diperoleh prinsip bahwa dengan gaya yang kecil dapat menghasilkan suatu gaya yang lebih besar.
Penerapan hukum Pascaldapat dijelaskan melalui analisis seperti terlihat pada Gambar berikut,

Apabila pengisap 1 ditekan dengan gaya F1, maka zat cair menekan ke atas dengan gaya pA1. Tekanan ini akan diteruskan ke penghisap 2 yang besarnya pA2. Karena tekanannya sama ke segala arah, maka didapatkan persamaan 1
.................pers. 1

Jika penampang pengisap dongkrak hidrolik berbentuk silinder dengan diameter d, maka persamaan 1 dapat pula dinyatakan sebagai persamaan 2
    ..................pers. 2
Prinsip-prinsip hukum Pascal dapat diterapkan pada alat-alat seperti pompa hidrolik, alat pengangkat air, alat pengepres, alat pengukur tekanan darah (tensimeter), rem hidrolik, dongkrak hidrolik, dan dump truk hidrolik.
G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Keterangan
Fase 1(Orients students to the problem)
1.      Guru memasuki kelas dan mengucapkan salam.
2.      Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin kegiatan berdoa.
3.      Setelah berdoa, Guru mengecek kehadiran siswa.
4.      Kemudian Guru memberikan satu pertanyaan “anak-anak, ada yang tau mengenai alat  yang digunakan di tempat cuci mobil?”
5.      Kemungkinan siswa menjawab “memakai pompa untuk mengangkat mobil”
6.      Guru mengatur kondisi kelas dan mencoba menarik perhatian siswa dengan menayangkan video mengenai proses cuci mobil di tempat pencucian mobil yang  menggunakan pompa hidraulik. Dimana alat tersebut mampu mengangkat mobil dengan ukuran yang cukup besar.
7.      Guru meminta siswa untuk memperhatian video yang ditayangkan.
8.      Dari penayangan video tersebut, diharapkan mampu menimbulkan pertanyaan pada benak siswa.
“Bagaimana bisa mobil dengan ukuran yang cukup besar diangkat menggunakan tabung dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran mobil?”
9.      Selanjutnya Guru memberikan satu pertanyaan kepada murid,
“Kira-kira, faktor apa yang menyebabkan benda dengan ukuran yang jauh lebih besar mampu diangkat oleh tabung dengan ukuran yang  lebih kecil?”


Fase 2 (Organize students for study)
1.      Selanjutnya Guru akan membentuk beberapa kelompok dimana 1 kelompok heterogen yang terdiri atas 5-6 orang.
2.      Selanjutnya Guru meminta siswa untuk mendiskusikan permasalahan yang muncul dalam fase 1 secara ber kelompok.
3.      Dalam fase ini diharapkan siswa mampu menemukan konsep mengenai hukum pascal berdasar pengetahuan awal yang dimiliki.
4.      Dan siswa mampu menghubungkan konsep yang ia miliki dengan video yang telah ditayangkan.
5.      Guru menjelaskan bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat proyek akhir yaitu zat cair, 2 suntik, dan selang kapiler


Fase 3
1.   Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi yang dapat mendukung pembuatan alat yang dapat mengangkat benda yang bermassa lebih besar
2.    Guru membantu siswa menginterprestasi konsep yang terkait dengan proyek yang direncanakan siswa (hukum pascal dimana menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah, konsep gaya, dan massa jenis zat cair)
3.   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa siswa dapat memakai segala macam alat dan bahan tambahan jika dibutuhkan dan jika bisa model rancangan alat tidak boleh ada yang sama
4    Guru mendatangi setiap kelompok untuk membimbing dan memberikan scaffolding pemikiran kepada siswa untuk mengaitkan konsep yang telah dicari dengan konsep yang telah siswa miliki.  


Fase 4
1.      Setelah siswa mencari informasi, guru meminta siswa untuk membuat rancangan alat yang dapat mengangkat benda bermassa lebih besar
2.      Setelah batas waktu membuat rancangan habis, guru meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil rancangan di depan kelas.
3.      Kelompok lain memberikan pertanyaan, kritik serta saran untuk desain, mungkin ada konsep yang masih tidak mengerti.
4.      Guru memberikan penjelasan jika diperlukan sehingga semua murid mendapatkan informasi yang sama.


Fase 5
1.      Guru membantu siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi rancangan mereka secara keseluruhan apakah rancangannya dapat menjawab permasalahn dengan solusi yang telah dimiliki siswa berdasarkan konsep yang telah dipahami serta membuktikan keberhasilan atau kegagalan dari rancangan percobaan.
2.      Siswa diminta membuat proyek dengan rencana yang telah mereka buat sebagai tugas akhir



Komentar

Postingan Populer