RPP Gerak Lurus SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Sekolah                       : SMA
                                                Mata Pelajaran          : Fisika
                                                Kelas/Semester          : X/1
                                                Materi Pokok             : Gerak Lurus
                                                Alokasi Waktu           : 1 x 3 Jam Pelajaran (150 menit)

A.      Kompetensi Inti
KI 1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,  konseptual,  procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4     Mengolah,  menalar,  dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
3.4       Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap).
4.4       Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan bergerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya.

C.      Indikator
3.4.1    Mengidentifikasi besaran-besaran fisika yang terkait dengan gerak.
3.4.2    Menjelaskan karakteristik Gerak Lurus Beraturan (GLB)
3.4.3    Memberikan dua contoh fenomena GLB dalam kehidupan sehari-hari
3.4.4    Menjelaskan karakteristik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
3.4.5    Memberikan dua contoh fenomena GLBB dalam kehidupan sehari-hari
4.4.1    Mengolah data percobaan GLB sesuai dengan langkah-langkah pada LKS
4.4.2    Menyajikan data percobaan GLB dalam bentuk Grafik
4.4.3    Mengolah data percobaan GLBB sesuai dengan langkah-langkah pada LKS
4.4.4    Menyajikan data percobaan GLBB dalam bentuk Grafik

D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu mengidentifikasi besaran-besaran fisika yang terkait dengan gerak melalui tanya jawab dengan benar.
2.      Siswa mampu menjelaskan mengenai karakteristik Gerak Lurus Beraturan (GLB) saat ditayangkan video mengenai fenomena GLB dengan benar.
3.      Siswa mampu memberikan contoh fenomena yang berkaitan dengan GLB dalam kehidupan sehari-hari melalui tanya jawab dengan benar.
4.      Siswa mampu menjelaskan karakteristik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) setelah ditayangkan video mengenai fenomena GLBB dengan benar.
5.      Siswa mampu memberikan contoh fenomena yang berkaitan dengan GLBB dalam kehidupan sehari-hari melalui tanya jawab dengan benar.
6.      Siswa mampu mengolah data percobaan GLB sesuai dengan langkah-langkah pada LKS melalui diskusi kelompok.
7.      Siswa mampu menyajikan data percobaan GLB dalam bentuk grafik dengan benar melalui diskusi kelompok.
8.      Siswa mampu mengolah data percobaan GLBB sesuai dengan langkah-langkah pada LKS melalui diskusi kelompok.
9.      Siswa mampu menyajikan data percobaan GLBB dalam bentuk grafik dengan benar melalui diskusi kelompok.
                                                                                                                                                                                                         
E.       Materi Pembelajaran
Fakta
1.      Sebuah mobil di jalan tol bergerak dengan kecepatan tetap karena tidak ada hambatan.
2.      Sebuah mobil yang tidak menyadari didepannya ada kucing berlari mendekat akan mengerem hingga mobil berhenti
Konsep
1.      Perpindahan
2.      Jarak
3.      Kelajuan
4.      Kecepatan
a.       Kecepatan sesaat
b.      Kecepatan rata-rata
5.      Percepatan
a.       Percepatan sesaat
b.      Percepatan rata-rata
6.      Gerak lurus beraturan
7.      Gerak lurus berubah beraturan
Prinsip
Semakin besar selisih kecepatan  maka semakin besar nilai percepatannya
Prosedur
1.      Diberikan penjelasan secara deklaratif
2.      Dilakukan percobaan sederhana

F.       Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Scientific
Model                   : Model Pembelajaran Diskusi Kelas (Class Discussion)
Strategi                 : Diskusi, Percobaan, Ceramah aktif.

G.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                  : Papan tulis, LCD, Laptop, PowerPoint
Alat                      :
Sumber Belajar    : Buku Siswa, Handout, Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Evaluasi Siswa (LES), Buku materi fisika yang relevan

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Waktu
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
a.    Guru memasuki kelas dan megucapkan salam.
b.    Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa bersama sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.
c.    Guru mengecek kehadiran siswa dengan memanggil nama-nama siswa yang tercantum di daftar nama.
d.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
e.    Selanjutnya guru menginstruksikan siswa untuk membentuk kelompok-kelompok yang beranggotakan 3-5 orang.
f.     Setelah siswa sudah membentuk kelompok dan berkumpul dengan kelompok masing-masing, Guru menayangkan dua video dimana video pertama mengenai kereta api yang berjalan konstan di lintasan yang lurus dan video kedua kereta api yang berjalan dari posisi diam
g.    Guru meminta siswa untuk memperhatikan kedua video tersebut.
10 Menit
Menyampaikan fokus diskusi
a.    Setelah siswa mengamati video yang telah ditayangkan, guru bertanya “Gerak bagaimana yang dilakukan oleh kereta 1 dan kereta 2?’
b.    Guru memberikan waktu pada siswa untuk memikirkan jawaban atas pertanyaan yang sudah diajukan.
Siswa kemungkinan menjawab :
-          “Kereta 1 bergerak lurus Bu, dengan kecepatan konstan”
-          “kalau kereta 2 dari diam hingga berjalan, jadi ada perubahan kecepatan ”
c.    Guru bertanya kepada siswa “Apa saja besaran yang terkait dengan gerak”
Siswa kemungkinan menjawab :
“waktu, jarak, perpindahan, kecepatan, kelajuan, dan percepatan”
d.    Saat ada siswa dari salah satu kelompok memberikan jawaban, guru memperhatikan jawaban siswa tersebut. Kemudian mencoba melemparkan pertanyaan ke kelompok lain dengan harapan kelompok lain akan mengemukakan jawabannya.
“Bagaimana jawaban menurut kelompok B? Gerak apa yang terjadi pada mobil yang melintas di jalan tol dan gerak apa yang terjadi pada mobil yang melintas di jalan raya?”
e.    Guru meluruskan jawaban siswa yang kurang tepat dan memberikan pujian kepada siswa yang telah berani mengemukakan jawabannya.
f.     Selanjutnya guru menyampaikan materi yang menjadi fokus diskusi yaitu mengenai Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).
g.    Guru membagikan handout kepada masing-masing kelompok dan meminta mereka mendiskusikan dan mencatat poin-poin penting dari materi.
h.    Guru menyampaikan aturan-aturan dasar dalam berdiskusi seperti menghargai pendapat yang lain, berani mengemukakan pendapat, dan ikut aktif dalam berdiskusi. Guru memberi waktu 15 menit untuk mendiskusikan materi pada handout
i.      Setelah waktu diskusi habis, guru membagikan LKS percobaan mengenai materi GLB dan GLBB.
j.      Guru memberikan waktu pada siswa selama 45 menit untuk melakukan percobaan mengenai GLB dan GLBB.
75 menit
Hold the discussion
a.    Setelah waktu melakukan percobaan selesai, Guru meminta siswa mendiskusikan hasil percobaan yang telah ia dapat secara berkelompok diatas selembar kertas manila
b.    Guru memonitor diskusi tiap kelompok dengan berjalan ke tiap-tiap kelompok dan membantu jika terdapat kesulitan dalam suatu kelompok
c.    Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas
d.    Guru meminta siswa untuk mengutarakan pendapat mengenai hasil diskusi kelompok yang ditempel didepan kelas
Siswa kemungkinan berpendapat :
-       Pada kegiatan percobaan yang pertama, kecepatan sama”
-       “Pada kegiatan percobaan kedua mobil awal nya diam kemudian bergerak dengan percepatan yang konstan.”
e.    Guru memberikan umpan balik atas pendapat siswa
-       “Berdasarkan jawaban teman kalian,kita dapat mengetahui bahwa percobaan pertama merupakan karakteristik gerak apa? percobaan kedua merupakan karakteristik gerak apa?”
-       “Bagaimana hubungan antara hasil kecepatan terhadap waktu yang kalian dapat dengan grafik yang telah kalian gambarkan?
Siswa kemungkinan menjawab :
-       Percobaan pertama merupakan karakteristik gerak GLB dan percobaan kedua merupakan karakteristik gerak GLBB”
-       “Pada GLB grafik nya konstan dan pada GLBB grafiknya linier pada sumbu y adalah kecepatan dan x adalah waktu, karena pada GLB kecepatan konstan dan pada GLBB kecepatan semakin besar dan semakin kecil karena mobil diam”
40 menit
End the discussion
a.       Guru mengkonfirmasi kembali jika masih ada hal yang membingungkan bagi siswa.
b.      Guru bersama peserta didik mengakhiri diskusi dengan memberikan kesimpulan kepada peserta didik mengenai gerak lurus yang telah didiskusikan dengan cara me-review pemahaman peserta didik dan menyamakan persepsi dari perbedaan pendapat yang terjadi antar peserta didik.
Kesimpulan yang diharapkan :

15 menit
Debrief the discussion
a.    Guru mengajak siswa untuk merefleksikan kegiatan hari ini dengan mengucapkan rasa syukur serta kekaguman kepada Tuhan atas karunianya berkaitan dengan gerak.
b.    Guru juga meminta siswa untuk mencari contoh gerak antara gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan kemudian menceritakannya dalam tulisan.
c.    Guru memberikan tugas mandiri (PR) mengenai materi penerapan besaran-besaran fisika pada gerak lurus dalam bentuk persamaan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
10 menit

I.         Penilaian
1.      Penilaian Sikap
a.      Penilaian Sikap Bekerja Sama
No.
Indikator
Hasil Penilaian
3
2
1
1.
Adanya pembagian tugas.



2.
Semua anggota terlibat dalam pelaksanaan praktikum.




Indikator 1
Skor 3   : Semua anggota mengerjakan tugas sesuai dengan pembagian tugas.
Skor 2   : Sebagian anggota mengerjakan tugas sesuai dengan pembagian tugas dan sebagian lain tidak.
Skor 1   : hanya 1 anggota yang mengerjakan tugas sesuai dengan pembagian tugas.
Indikator 2
Skor 3  : Semua anggota terlibat dalam pelaksanaan praktikum.
Skor 2  : Sebagian anggota terlibat dalam pelaksanaan praktikum dan sebagian tidak.
Skor 1  : hanya 1 anggota yang terlibat dalam pelaksanaan praktikum.

b.      Penilaian Sikap Bertanggung Jawab
No.
Indikator
Hasil Penilaian
2
1
1.
Menjaga kelengkapan alat dan bahan.


2.
Mengembalikan alat dan bahan sesuai kondisi semula.


Indikator 1
Skor 2  : Menjaga kelengkapan alat dan bahan yang digunakan selama melaksanakan praktikum.
Skor 1  : Tidak menjaga kelengkapan alat dan bahan yang digunakan selama melaksanakan praktikum.
Indikator 2
Skor 2  : Mengembalikan alat dan bahan sesuai kondisi semula.
Skor 1  : Tidak mengembalikan alat dan bahan sesuai kondisi semula.

2.      Penilaian Kognitif
a.                 Teknik Evaluasi                 : Tes tulis
b.                Instrumen Evaluasi         : Esai dengan caranya
c.                 Indikator                             :

No
Indikator
Jumlah Soal
1
Memahami konsep benda  melalui besaran-besaran fisika yang terkait dengan gerak
1
2
Menjelaskan karakteristik  dan membuat grafik hubungan panjang lintasan (s) dan waktu tempuh (t) gerak lurus beraturan (GLB)dan gerak lurus ber                      ubah beraturan (GLBB)
6
3
Menerapkan besaran-besaran fisika dalam GLB dan GLBB dalam bentuk persamaan dan menggunakan dalam pemecahan masalah
5
Soal terlampir (lampiran 3)

Rubrik Penilaian Kognitif Diskusi
No
Nama Siswa
Jumlah soal benar
Jumlah soal salah
Nilai akhir
1




2




dst





Ket : Nilai akhir = 

3.      Penilaian Keterampilan

Mata Pelajaran           : Fisika
Kelas                          : X (Sepuluh)
No.
Indikator
Hasil Penilaian
4
3
2
1
1.
Menyiapkan alat dan bahan




2.
Mengecek fungsi dari alat dan bahan




3.
Melakukan percobaan




4.
Mempresentasikan hasil percobaan




Rata-rata skor yang diperoleh

Indikator 1
Skor 4 : Menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan sesuai spesifikasi.
Skor 3 : Menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan tetapi sebagian tidak sesuai dengan spesifikasi.
Skor 2 : Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan tetapi tidak lengkap.
Skor 1 : Tidak menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
Indikator 2
Skor 4 : Mengecek kelengkapan dan fungsi dari semua alat dan bahan yang diperlukan.
Skor 3 : Mengecek kelengkapan dan fungsi dari alat dan bahan namun tidak semuanya.
Skor 2 : Mengecek kelengkapan dari alat dan bahan namun tidak mengecek fungsinya.
Skor 1 : Tidak mengecek kelengkapan dan fungsi alat dan bahan yang diperlukan.
Indikator 3
Skor 4 : Melakukan praktikum sesuai prosedur dalam panduan.
Skor 1 : Melakukan praktikum tidak sesuai prosedur dalam panduan.
Indikator 4
Skor 4 : Mempresentasikan hasil praktikum dengan lancar dan menggunakan bahasa yang baik.
Skor 3 : Mempresentasikan hasil praktikum dengan lancar tapi tidak menggunakan bahasa yang baik.
Skor 2 : Mempresentasikan hasil praktikum dengan tidak lancar.




Lampiran
Lampiran 1
LEMBAR KEGIATAN SISWA
“Gerak Lurus Beraturan“

Nilai
Kelompok                       : .................................................
Nama Anggota               : 1...............................................
                                           2...............................................
                                           3...............................................
                                        
A.    Tujuan
Menenetukan besarnya kecepatan benda yang bergerak lurus.
B.     Alat dan Bahan
a.       Mobil mainan
b.      Stopwatch
c.       Penggaris
d.      Alat-alat tulis
C.    Rancangan Percobaan
A
B
                     

                (Rancangan percobaan 1)
D.    Langkah Percobaan
1.   Menyiapkan stopwatch, penggaris, dan mobil mainan.
2.   Mengukur perpindahan benda  yang ditentukan dalam perjalanan mobil.
3.   Mencatat waktu yang dibutuhkan mobil ketika sampai pada posisi yang telah ditentukan
4.   Mengulangi langkah 3 dengan jarak yang berbeda.

E.     Tabel Hasil Percobaan
Perpindahan (cm)
0
10
20
30
40
50
Waktu tempuh (t)







      
1.       Buatlah grafik hubungan antara perpindahan dengan waktu tempuh!
........................................................................................................................................................................................................................
2.       Dari grafik yang kamu buat diatas, bagaimanakah hubungan antara kecepatan terhadap waktu tempuh?
......................................................................................................................................................................................................................
3.       Bagaimanakah kecepatan mobil tersebut apakah berubah atau sama? ......................................................................................................................................................................................................................
4.       Tuliskan kesimpulan dari hasil percobaan yang kalian peroleh!
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




Lampiran 2

LEMBAR KEGIATAN SISWA
“Gerak Lurus Berubah Beraturan“

Nilai
Kelompok                  : .................................................
Nama Anggota          : 1...............................................
                                      2...............................................
                                      3...............................................
                                   
A.    Tujuan
Mengetahui konsep dari gerak lurus beraturan
B.     Alat dan Bahan
a.       Papan luncur/ bidang miring
b.      Mobil mainan
c.       Stopwatch
d.      Penggaris
e.       Batu bata

C.    Rancangan Percobaan

D.    Langkah Percobaan
1.      Buatlah sebuah landasan miring dengan mengganjal salah satu ujung papan dengan menggunakan batu bata
2.      Aturlah kemiringan landasan sedemikian rupa sehingga saat mobil-mobilan dapat meluncur
3.      Letakkan mobil mainan di atas papan landasan miring berpenggaris maka mobil itu akan meluncur di atas papan.
4.      Tentukan sepanjang lintasan papan landasan miring dengan jarak 20 cm berdasarkan penggaris yang tersedia, ukurlah waktunya dengan stopwatch (t) ketika mobil mainan tersebut melintasi lintasan papan mendatar tersebut.
5.      Lakukan percobaan yang sama dengan merubah jarak lintasan
6.      Masukkan hasil data percobaan pada tabel yang tersedia.
7.      Tentukan percepatan dari mobil mainan tersebut.
8.      Buatlah grafik
Grafik hubungan sumbu x dan y
                                   x                                                                                          
No
Potongan pita ketik
      






                                                                                                                                           y
1.      Grafik hubungan apa yang kamu dapatkan
            Sumbu x =.....................................................
Sumbu y =.....................................................
2.      Apakah kecepatan mobil selalu sama?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.      Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………....................................................................................




Lampiran 3
LEMBAR EVALUASI SISWA
Nama  :
Kelas   :
1.         Besaran apa saja yang terdapat pada gerak?
2.         Bagaimana karakteristik Gerak Lurus Beraturan ?
3.         Bagaimana karakteristik Gerak Lurus Berubah Beraturan ?
4.         Apakah perbedaan antara Gerak Lurus Beraturan dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan? Jelaskan!
5.         Gambarkan grafik hubungan panjang lintasan (s) dengan waktu tempuh (t) pada Gerak Lurus Beraturan!
6.         Gambarkan grafik hubungan panjang lintasan (s) dengan waktu tempuh (t) pada Gerak Lurus Berubah Beraturan!
7.         Gambarkan grafik hubungan kecepatan (v) dengan waktu tempuh (t) pada Gerak Lurus Berubah Beraturan!
8.         Sebuah mobil bergerak lurus berubah beraturan dengan kecepatan awal 20 m/s. Jika pada saat t= 100 s mobil tersebut kecepatannya tinggal 10 m/s,
a.          Berapakah percepatan mobil?
b.         Dimana mobil tersebut berhenti?
9.         Sebuah pesawat memerlukan kecepatan minimal 20 m/s agar dapat lepas landas dari suatu landasan. Jika mesin pesawat tersebut mampu menghasilkan percepatan maksimum 1 m/s2 panjang minimal landasan agar pesawat dapat lepas landas adalah..
10.     Sebuah mobil mempercepat lajunya 15 km/jam menjadi 45 km/jam dalam waktu 12 detik jarak yang ditempuh mobil tersebut adalah…
11.     Sebuah lokomotif mula-mula diam kemudian bergerak dengan percepatan 2 m/s2. Lama waktu yang dibutuhkan lokomotif untuk menempuh jarak 900 m adalah….
12.     Sebuah mobil perampok sedang melarikan diri melewati mobil polisi yang sedang berhenti. Gerak kedua mobil dinyatakan dengan grafik disamping, berdasarkan grafik tersebut berapa waktu yang dibutuhkan polisi untuk menyusul perampok?


Komentar

Postingan Populer