Subhanallah!!! Matahari juga berevolusi dan berotasi



 
Matahari merupakan bintang terdekat dengan bumi dengan jarak rata-rata 149.680.000 km (93.026.724 mil). Matahari yang ternyata menjadi pusat tata surya, ternyata mengalami revolusi juga.
Dibandingkan dengan bumi, diameter matahari kira-kira 112 kalinya. Gaya tarik matahari kira-kira 30 kali gaya tarik bumi. Sinar matahari menempuh masa delapan menit untuk sampai ke Bumi.

Matahari mempunyai dua macam gerakan, yaitu:
1. Rotasi matahari mengelilingi sumbunya/porosnya, lamanya 25 1/2 hari satu kali putara.
2. Bergerak diantara gugusan bintang mengelilingi pusat galaksi dengan kecepatan 240 km/s. Inilah yang disebut dengan gerakan revolusi matahari.

Matahari be-revolusi mengelilingi pusat galaksi bima sakti. Jaraknya sekitar 7.62 kiko parsec dari matahari ke arah rasi sagitarius. Matahari membutuhkan waktu sekitar 225-250 juta tahun untuk menyelesaikan satu periode revolusi. Dan diperkirakan, sepanjang usianya matahari sudah berevolusi sebanyak 20-25 kali.
Ilmuwan memperkirakan bahwa kecepatan revolusi matahari adalah 220 km/s. Namun, ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa kecepatan revolusi matahari adalah 240 km/s. Matahari membawa planet bumi dan 8 planet lainnya dalam tata surya kita untuk mengelilingi pusat galaksi bima sakti yang sangat luas. Allahuakbar!

Tidak hanya matahari kita, tapi, bintang-bintang lain yang berada dalam wilayah galaksi bima sakti juga turu berevolusi mengitari pusat galaksi kita. Lalu, miliyaran galaksi yang ada di alam semesta ini pun juga berputar-putar mengelilingi pusat alam semesta, yang oleh para ilmuwan disebut Pusat Superkluster.
"Allah yang meninggikan langit tanpa tiang yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas arsy dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan, menjelaskan tanda-tanda, agar kamu meyakini petemuan dengan Tuhan" (QS. Ar Ra'du : 20)
"Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah bagi perjalanannya, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan" (QS. Yunus : 5)

Komentar

Postingan Populer