RPP Elastisitas SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA
Mata Pelajaran          : Fisika
Kelas/Semester          : XI/1
Materi Pokok             : Elastisitas dan Hukum Hooke
Alokasi Waktu           : 1 x 3 Jam Pelajaran
 

A.      Kompetensi Inti
KI 1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,  konseptual,  procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4     Mengolah,  menalar,  dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
3.2       Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.2       Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil dan makna fisisnya

C.      Indikator
3.2.1    Mendefinisikan benda elastis dan benda plastis
3.2.2    Mendeskripsikan Hukum Hooke
3.2.3    Menentukan grafik hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang pegas
3.2.4    Menentukan hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang pegas
3.2.5    Menentukan besar nilai konstanta pegas
3.2.6    Menjelaskan konsep Hukum Hooke pada susunan pegas seri dan paralel
3.2.7    Menentukan konstanta pengganti dari pegas yang dirangkai seri dan paralel
4.2.1    Terampil merangkai alat dan bahan pada percobaan Hukum Hooke
4.2.2    Menyimpulkan hasil percobaan untuk menentukan hubungan gaya dengan pertambahan panjang pegas, serta konstanta pegas.
D.      Tujuan Pembelajaran
3.2.1    Siswa mampu memberikan contoh benda elastis dan plastis setelah diberikan pengertian mengenai sifat elastsitas.
3.2.2    Siswa mampu mendeskripsikan Hukum Hooke dengan benar setelah diberikan suatu fenomena mengenai Hukum Hooke.
3.2.3    Siswa mampu menentukan grafik hubungan gaya dengan pertambahan panjang pegas setelah mengumpulkan data melalui percobaan.
3.2.4    Siswa mampu menentukan hubungan gaya dengan pertambahan panjang pegas setelah membuat grafik.
3.2.5    Siswa mampu menentukan besar konstanta pegas dengan diberikan beberapa data.
3.2.6    Siswa mampu menjelaskan konsep Hukum  Hooke pada susunan pegas seri dan parallel dengan benar setelah mengamati fenomena.
3.2.7    Siswa mampu menentukan konstanta pengganti pada susunan pegas seri dan parallel setelah diberikan data.
4.2.1    Siswa terampil dalam merangka alat dan bahan sesuai rancangan percobaan tentang susunan pegas pada LKS.
4.2.2    Siswa mampu menyimpulkan hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang pegas dan konstanta pegas.
E.       Materi Pembelajaran
Materi Pokok       : Elastisitas dan Hukum Hooke

F.       Metode Pembelajaran
1.      Model             : Guided Discovery
2.      Metode           : Eksperimen
3.      Pendekatan    : Pendekatan Saintifik
G.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
a.       LCD Proyektor
b.      Powerpoint Presentation
2.      Alat/Bahan
a.       Statif  (1 set)
b.      Pegas
c.       Penggaris
d.      Beban gantung (50 gram, 100 gram, 150 gram, 200 gram)
3.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku siswa
b.      LKS
c.       Handout

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Keterangan
Fase 1 Motivasi
1.      Guru memasuki kelas dan mengucapkan salam
2.      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin kegiatan berdoa
3.      Guru mengabsen kehadiran siswa
4.      Selanjutnya Guru menunjukkan video mengenai Shock Breaker paa mobil.
5.      Guru meminta siswa untuk mengamati video yang ditayangkan.
6.      Guru menstimulus siswa untuk menanggapi materi apa yang akan dipelajari.
7.      Selanjutnya, Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini yaitu mengenai Elastisitas dan Hukum Hooke.
20 Menit
Terlaksana/tidak
Fase 2 pengumpulan data
1.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota 4 siswa heterogen dan membagikan LKS dan handout.
2.      Pengelompokan ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara massa beban dengan pertambahan panjang pegas dengan cara melakukan percobaan seperti pada LKS.
3.      Guru membimbing siswa dalam melakukan percobaan dengan memberi pertanyaan
·         Bagaimana pertambahan panjang pegas berdasarkan perbedaan massa yang digunakan?
4.      Guru mengamati kerja tiap kelompok dan melakukan penilaian sikap dan keterampilan berdasarkan rubrik yang telah dibuat.
40 Menit
Terlaksana/tidak
Fase 3 Pemrosesan data
1.      Guru meminta siswa mendiskusikan dan meganalisis data yang diperoleh dari data percobaan yang telah dilakukan dengan sebuah grafik hubungan antara berat benda dengan pertambahan panjang pegas.
2.      Guru memdampingi siswa dalam mengambil kesimpulan berdasarkan data hasil percobaan.
3.      Guru meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
30 Menit
Terlaksana/tidak
Fase 4 Kegiatan penutup
1.      Guru memberi tanggapan dari presentasi siswa.
2.      Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa tentang apa yang belum mereka pahami.
3.      Guru memberi kesimpulan dari pembelajaran hari ini yatu :
“Sifat elastisitas adalah kemampuan suatu benda untuk kembali ke bentuk semula setelah gaya luar yang diberikan kepada benda itu dihilangkan. Lalu, semakin besar gaya yang diterapkan pada pegas maka semakin panjang pula pertambahannya.”
4.      Guru mengakhiri pembelajaran pada hari ini dan memberi tugas latihan soal pada handout yang sudah dibagikan.
10 Menit
Terlaksana/tidak

I.         Penilaian
1.       Kognitif
a)      Teknik Penilaian         : Tes Tulis
b)      Bentuk Instrumen     : Uraian
c)       Soal Evaluasi                                :
·         Berdasarkan gambar, Apakah yang dimaksud dengan elastisitas ?
·         Sebutkan masing-masing 5 jenis  benda yang tergolong benda elastis dan benda non elastis ?
·         Sebutkan 5 alat dalam kehidupan sehari-hari yang menerapkan prinsip elastisitas ?
·         Bagaimana hubungan antara gaya dengan perubahan panjang pegas ?
·          Jelaskan apa yang dimaksud dengan konstanta pegas ?

Komentar

Postingan Populer