RPP Elastisitas SMA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Elastisitas dan Hukum Hooke
Alokasi Waktu : 1 x 3 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsive dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
3.2 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melakukan
percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil dan
makna fisisnya
C.
Indikator
3.2.1 Mendefinisikan
benda elastis dan benda plastis
3.2.2 Mendeskripsikan Hukum Hooke
3.2.3 Menentukan grafik hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang
pegas
3.2.4 Menentukan hubungan antara gaya dengan
pertambahan panjang pegas
3.2.5 Menentukan besar nilai konstanta pegas
3.2.6 Menjelaskan konsep Hukum Hooke pada susunan
pegas seri dan paralel
3.2.7 Menentukan konstanta pengganti dari pegas
yang dirangkai seri dan paralel
4.2.1 Terampil merangkai alat dan bahan pada percobaan Hukum Hooke
4.2.2 Menyimpulkan hasil percobaan untuk
menentukan hubungan gaya dengan pertambahan panjang pegas, serta konstanta
pegas.
D.
Tujuan
Pembelajaran
3.2.1 Siswa mampu memberikan contoh benda elastis dan plastis setelah
diberikan pengertian mengenai sifat elastsitas.
3.2.2 Siswa mampu mendeskripsikan Hukum Hooke dengan benar setelah
diberikan suatu fenomena mengenai Hukum Hooke.
3.2.3 Siswa mampu menentukan grafik hubungan gaya dengan pertambahan
panjang pegas setelah mengumpulkan data melalui percobaan.
3.2.4 Siswa mampu menentukan hubungan gaya dengan pertambahan panjang
pegas setelah membuat grafik.
3.2.5 Siswa mampu menentukan besar konstanta pegas dengan diberikan
beberapa data.
3.2.6 Siswa mampu menjelaskan konsep Hukum Hooke pada susunan pegas seri dan parallel
dengan benar setelah mengamati fenomena.
3.2.7 Siswa mampu menentukan konstanta pengganti pada susunan pegas
seri dan parallel setelah diberikan data.
4.2.1 Siswa terampil dalam merangka alat dan bahan sesuai rancangan
percobaan tentang susunan pegas pada LKS.
4.2.2 Siswa mampu menyimpulkan hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang
pegas dan konstanta pegas.
E.
Materi
Pembelajaran
Materi
Pokok : Elastisitas dan Hukum Hooke
F.
Metode
Pembelajaran
1. Model : Guided Discovery
2. Metode : Eksperimen
3. Pendekatan : Pendekatan Saintifik
G.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. LCD
Proyektor
b. Powerpoint
Presentation
2. Alat/Bahan
a. Statif (1 set)
b. Pegas
c. Penggaris
d. Beban
gantung (50 gram, 100 gram, 150 gram, 200 gram)
3. Sumber
Pembelajaran
a. Buku
siswa
b. LKS
c. Handout
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Keterangan
|
Fase 1
Motivasi
1.
Guru memasuki kelas dan mengucapkan
salam
2.
Guru meminta ketua kelas untuk
memimpin kegiatan berdoa
3.
Guru mengabsen kehadiran siswa
4.
Selanjutnya Guru menunjukkan video
mengenai Shock Breaker paa mobil.
5.
Guru meminta siswa untuk mengamati
video yang ditayangkan.
6.
Guru menstimulus siswa untuk
menanggapi materi apa yang akan dipelajari.
7.
Selanjutnya, Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran pada hari ini yaitu mengenai Elastisitas dan Hukum Hooke.
|
20 Menit
|
Terlaksana/tidak
|
Fase 2
pengumpulan data
1.
Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok dengan anggota 4 siswa heterogen dan membagikan LKS dan handout.
2.
Pengelompokan ini bertujuan untuk
menemukan hubungan antara massa beban dengan pertambahan panjang pegas dengan
cara melakukan percobaan seperti pada LKS.
3.
Guru membimbing siswa dalam melakukan
percobaan dengan memberi pertanyaan
·
Bagaimana pertambahan panjang pegas
berdasarkan perbedaan massa yang digunakan?
4.
Guru mengamati kerja
tiap kelompok dan melakukan penilaian
sikap dan keterampilan berdasarkan rubrik yang telah dibuat.
|
40 Menit
|
Terlaksana/tidak
|
Fase 3 Pemrosesan data
1.
Guru meminta
siswa mendiskusikan dan meganalisis data yang diperoleh dari data percobaan
yang telah dilakukan dengan sebuah grafik hubungan antara berat benda dengan
pertambahan panjang pegas.
2.
Guru memdampingi
siswa dalam mengambil kesimpulan berdasarkan data hasil percobaan.
3.
Guru meminta salah satu kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
|
30 Menit
|
Terlaksana/tidak
|
Fase 4
Kegiatan penutup
1.
Guru memberi tanggapan dari presentasi
siswa.
2.
Guru memberikan kesempatan bertanya
pada siswa tentang apa yang belum mereka pahami.
3.
Guru memberi kesimpulan dari
pembelajaran hari ini yatu :
“Sifat
elastisitas adalah kemampuan suatu benda untuk kembali ke bentuk semula
setelah gaya luar yang diberikan kepada benda itu dihilangkan. Lalu, semakin
besar gaya yang diterapkan pada pegas maka semakin panjang pula
pertambahannya.”
4.
Guru mengakhiri pembelajaran pada hari
ini dan memberi tugas latihan soal pada handout yang sudah dibagikan.
|
10 Menit
|
Terlaksana/tidak
|
I.
Penilaian
1.
Kognitif
a)
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
b)
Bentuk
Instrumen : Uraian
c)
Soal
Evaluasi :
·
Berdasarkan gambar, Apakah yang
dimaksud dengan elastisitas ?
·
Sebutkan
masing-masing 5 jenis benda yang
tergolong benda elastis dan benda non elastis ?
·
Sebutkan 5
alat dalam kehidupan sehari-hari yang menerapkan prinsip elastisitas ?
·
Bagaimana
hubungan antara gaya dengan perubahan panjang pegas ?
·
Jelaskan apa yang dimaksud dengan konstanta
pegas ?
Komentar
Posting Komentar