RPP Hukum Pascal (Fluida statis)
Nama kelompok :
1. Aulia
Fitri Yunita (14030184060)
2. Nurul
Hidayah (14030184082)
3. M.
Niki Bagus W.S. (14030184096)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Fluida Statis
Alokasi Waktu : 1 x 3 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsive dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakanmetoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
3.4 Menerapkan hukum-hukum fluida statik
dalam kehidupan sehari-hari.
4.4 Merencanakan dan melakukan percobaan yang
memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil dan makna fisisnya.
C.
Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi
hukum pascal
3.4.2 Memahami
konsep fluida statis tentang hukum Pascal melalui video motivasi
3.4.3 Menyebutkan
alat yang menggunakan prinsip fluida statis dalam kehidupan sehari-hari
3.4.4 Mengkaitkan
hukum
pascal dengan dongkrak hidrolik sederhana
4.4.1 Merancang
sebuah proyek tentang hukum pascal berdasarkan bahan-bahan yang telah ditentukan
4.4.2 Mempresentasikan
hasil rancangan proyek tentang hukum pascal di depan kelas
D.
Tujuan
Pembelajaran
3.4.1 Siswa dapat mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi hukum pascal
setelah mengumpulkan
informasi yang relevan
3.4.2 Siswa
dapat memahami konsep fluida statis tentang hukum Pascal setelah mengamati
video motivasi
3.4.3 Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan alat yang menggunakan prinsip fluida statis
dalam kehidupan sehari-hari
3.4.4 Siswa dapat mengkaitkan hukum pascal
dengan dongkrak
hidrolik sederhana setelah
mengetahui prinsip kerja pompa hidrolik
4.4.1 Siswa
dapat membuat rancangan dongkrak hidrolik sederhana setelah melakukakan diskusi
4.4.2 Siswa
dapat menyajikan rancangan proyek
berupa dongkrak hidrolik
sederhana di depan kelas
setelah melakukakan diskusi
E. Model
Pembelajaran
Model Pembelajaran : model pengajaran
berbasis masalah (Preoblem Based
Instruction)
Metode Pembelajaran: metode kelompok
aktif
Pendekatan : pendekatan saintifik
F.
Materi
Pembelajaran
Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diberikan di dalam
ruang tertutup diteruskan sama besar ke segala arah. Berdasarkan hukum ini
diperoleh prinsip bahwa dengan gaya yang kecil dapat menghasilkan suatu gaya
yang lebih besar.
Penerapan hukum Pascaldapat dijelaskan melalui
analisis seperti terlihat pada Gambar berikut,
Apabila pengisap 1 ditekan dengan gaya F1, maka
zat cair menekan ke atas dengan gaya pA1. Tekanan ini akan diteruskan ke
penghisap 2 yang besarnya pA2. Karena tekanannya sama
ke segala arah, maka didapatkan persamaan 1
.................pers. 1
Jika penampang pengisap dongkrak hidrolik berbentuk
silinder dengan diameter d, maka persamaan 1 dapat pula dinyatakan sebagai persamaan 2
..................pers.
2
Prinsip-prinsip
hukum Pascal dapat diterapkan pada alat-alat seperti pompa hidrolik, alat
pengangkat air, alat
pengepres, alat pengukur tekanan darah (tensimeter), rem hidrolik, dongkrak
hidrolik, dan dump truk hidrolik.
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Keterangan
|
Fase 1(Orients students to the
problem)
1.
Guru memasuki kelas dan mengucapkan
salam.
2.
Guru meminta salah satu siswa untuk
memimpin kegiatan berdoa.
3.
Setelah berdoa, Guru mengecek
kehadiran siswa.
4.
Kemudian Guru memberikan satu
pertanyaan “anak-anak, ada yang tau mengenai alat yang digunakan di tempat cuci mobil?”
5.
Kemungkinan siswa menjawab
“memakai pompa untuk mengangkat mobil”
6.
Guru mengatur kondisi kelas dan
mencoba menarik perhatian siswa dengan menayangkan video mengenai proses cuci
mobil di tempat pencucian mobil yang
menggunakan pompa hidraulik. Dimana alat tersebut mampu mengangkat
mobil dengan ukuran yang cukup besar.
7.
Guru meminta siswa untuk memperhatian
video yang ditayangkan.
8.
Dari penayangan video tersebut,
diharapkan mampu menimbulkan pertanyaan pada benak siswa.
“Bagaimana
bisa mobil dengan ukuran yang cukup besar diangkat menggunakan tabung dengan
ukuran yang lebih kecil daripada ukuran mobil?”
9.
Selanjutnya Guru memberikan satu
pertanyaan kepada murid,
“Kira-kira,
faktor apa yang menyebabkan benda dengan ukuran yang jauh lebih besar mampu
diangkat oleh tabung dengan ukuran yang
lebih kecil?”
|
||
Fase 2 (Organize students for study)
1.
Selanjutnya Guru akan membentuk
beberapa kelompok dimana 1 kelompok heterogen yang
terdiri
atas 5-6 orang.
2.
Selanjutnya Guru meminta siswa untuk
mendiskusikan permasalahan yang muncul dalam fase 1 secara ber kelompok.
3.
Dalam fase ini diharapkan siswa mampu
menemukan konsep mengenai hukum pascal berdasar pengetahuan awal yang
dimiliki.
4.
Dan siswa mampu menghubungkan konsep
yang ia miliki dengan video yang telah ditayangkan.
5.
Guru menjelaskan
bahan utama yang
dibutuhkan untuk membuat
proyek akhir yaitu zat cair, 2 suntik, dan selang kapiler
|
||
Fase 3
1. Guru meminta siswa untuk mengumpulkan
informasi yang dapat mendukung pembuatan alat yang dapat mengangkat benda
yang bermassa lebih besar
2. Guru membantu siswa menginterprestasi
konsep yang terkait dengan proyek yang direncanakan siswa (hukum pascal
dimana menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang
tertutup akan diteruskan ke segala arah, konsep gaya, dan massa jenis zat
cair)
3. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa siswa
dapat memakai segala macam alat dan bahan tambahan jika dibutuhkan dan jika
bisa model rancangan alat tidak boleh ada yang sama
4 Guru mendatangi setiap kelompok untuk
membimbing dan memberikan scaffolding pemikiran kepada siswa untuk mengaitkan
konsep yang telah dicari dengan konsep yang telah siswa miliki.
|
||
Fase 4
1. Setelah siswa mencari informasi, guru meminta siswa untuk membuat
rancangan alat yang dapat mengangkat benda bermassa lebih besar
2. Setelah batas waktu membuat rancangan habis, guru meminta setiap kelompok
mempresentasikan hasil rancangan di depan kelas.
3. Kelompok lain memberikan pertanyaan, kritik serta saran untuk desain,
mungkin ada konsep yang masih tidak mengerti.
4. Guru memberikan penjelasan jika diperlukan sehingga semua murid
mendapatkan informasi yang sama.
|
||
Fase 5
1. Guru
membantu siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi rancangan mereka secara
keseluruhan apakah rancangannya dapat menjawab permasalahn dengan solusi yang
telah dimiliki siswa berdasarkan konsep yang telah dipahami serta membuktikan
keberhasilan atau kegagalan dari rancangan percobaan.
2. Siswa
diminta membuat proyek dengan rencana
yang telah mereka buat sebagai tugas akhir
|
Komentar
Posting Komentar