RPP Gerak Lurus SMA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/1
Materi
Pokok : Gerak Lurus
Alokasi
Waktu : 1 x 3 Jam Pelajaran (150
menit)
A. Kompetensi Inti
KI 1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro-aktif)
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, procedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.4 Menganalisis besaran-besaran fisis pada
gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan
konstan (tetap).
4.4 Menyajikan data dan grafik hasil
percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan
kecepatan konstan (tetap) dan bergerak lurus dengan percepatan konstan (tetap)
berikut makna fisisnya.
C. Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi besaran-besaran fisika yang
terkait dengan gerak.
3.4.2 Menjelaskan karakteristik Gerak Lurus
Beraturan (GLB)
3.4.3 Memberikan dua contoh fenomena GLB dalam
kehidupan sehari-hari
3.4.4 Menjelaskan karakteristik Gerak Lurus
Berubah Beraturan (GLBB)
3.4.5 Memberikan dua contoh fenomena GLBB dalam
kehidupan sehari-hari
4.4.1 Mengolah data percobaan GLB sesuai dengan
langkah-langkah pada LKS
4.4.2 Menyajikan data percobaan GLB dalam bentuk
Grafik
4.4.3 Mengolah data percobaan GLBB sesuai dengan
langkah-langkah pada LKS
4.4.4 Menyajikan data percobaan GLBB dalam bentuk
Grafik
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu mengidentifikasi
besaran-besaran fisika yang terkait dengan gerak melalui tanya jawab dengan
benar.
2.
Siswa mampu menjelaskan mengenai
karakteristik Gerak Lurus Beraturan (GLB) saat ditayangkan video mengenai
fenomena GLB dengan benar.
3.
Siswa mampu memberikan contoh fenomena
yang berkaitan dengan GLB dalam kehidupan sehari-hari melalui tanya jawab
dengan benar.
4.
Siswa mampu menjelaskan karakteristik
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) setelah ditayangkan video mengenai
fenomena GLBB dengan benar.
5.
Siswa mampu memberikan contoh fenomena
yang berkaitan dengan GLBB dalam kehidupan sehari-hari melalui tanya jawab
dengan benar.
6.
Siswa mampu mengolah data percobaan GLB
sesuai dengan langkah-langkah pada LKS melalui diskusi kelompok.
7.
Siswa mampu menyajikan data percobaan
GLB dalam bentuk grafik dengan benar melalui diskusi kelompok.
8.
Siswa mampu mengolah data percobaan GLBB
sesuai dengan langkah-langkah pada LKS melalui diskusi kelompok.
9.
Siswa mampu menyajikan data percobaan
GLBB dalam bentuk grafik dengan benar melalui diskusi kelompok.
E. Materi Pembelajaran
Fakta
|
1. Sebuah
mobil di jalan tol bergerak dengan kecepatan tetap karena tidak ada hambatan.
2. Sebuah
mobil yang tidak menyadari didepannya ada kucing berlari mendekat akan
mengerem hingga mobil berhenti
|
Konsep
|
1. Perpindahan
2. Jarak
3. Kelajuan
4. Kecepatan
a. Kecepatan
sesaat
b. Kecepatan
rata-rata
5. Percepatan
a. Percepatan
sesaat
b. Percepatan
rata-rata
6.
Gerak lurus beraturan
7.
Gerak lurus berubah beraturan
|
Prinsip
|
Semakin besar selisih kecepatan maka semakin besar nilai percepatannya
|
Prosedur
|
1. Diberikan
penjelasan secara deklaratif
2. Dilakukan
percobaan sederhana
|
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model :
Model Pembelajaran Diskusi Kelas (Class
Discussion)
Strategi : Diskusi, Percobaan, Ceramah aktif.
G.
Media, Alat dan Sumber Belajar
Media : Papan tulis, LCD, Laptop, PowerPoint
Alat :
Sumber
Belajar : Buku Siswa, Handout, Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Evaluasi
Siswa (LES), Buku materi fisika yang relevan
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
a. Guru
memasuki kelas dan megucapkan salam.
b. Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin doa bersama sebelum kegiatan belajar
mengajar dimulai.
c. Guru
mengecek kehadiran siswa dengan memanggil nama-nama siswa yang tercantum di
daftar nama.
d. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
e. Selanjutnya
guru menginstruksikan siswa untuk membentuk kelompok-kelompok yang
beranggotakan 3-5 orang.
f. Setelah
siswa sudah membentuk kelompok dan berkumpul dengan kelompok masing-masing,
Guru menayangkan dua video dimana video pertama mengenai kereta api yang
berjalan konstan di lintasan yang lurus dan video kedua kereta api yang
berjalan dari posisi diam
g. Guru
meminta siswa untuk memperhatikan kedua video tersebut.
|
10 Menit
|
Menyampaikan fokus diskusi
a. Setelah
siswa mengamati video yang telah ditayangkan, guru bertanya “Gerak bagaimana
yang dilakukan oleh kereta 1 dan kereta 2?’
b. Guru
memberikan waktu pada siswa untuk memikirkan jawaban atas pertanyaan yang
sudah diajukan.
Siswa
kemungkinan menjawab :
-
“Kereta
1 bergerak lurus Bu, dengan kecepatan konstan”
-
“kalau
kereta 2 dari diam hingga berjalan, jadi ada perubahan kecepatan ”
c. Guru
bertanya kepada siswa “Apa saja besaran yang terkait dengan gerak”
Siswa
kemungkinan menjawab :
“waktu, jarak, perpindahan, kecepatan, kelajuan, dan
percepatan”
d.
Saat ada siswa dari
salah satu kelompok memberikan jawaban, guru memperhatikan jawaban siswa
tersebut. Kemudian mencoba melemparkan pertanyaan ke kelompok lain dengan
harapan kelompok lain akan mengemukakan jawabannya.
“Bagaimana
jawaban menurut kelompok B? Gerak apa yang terjadi pada mobil yang melintas
di jalan tol dan gerak apa yang terjadi pada mobil yang melintas di jalan
raya?”
e.
Guru meluruskan
jawaban siswa yang kurang tepat dan memberikan pujian kepada siswa yang telah
berani mengemukakan jawabannya.
f. Selanjutnya
guru menyampaikan materi yang menjadi fokus diskusi yaitu mengenai Gerak
Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).
g. Guru
membagikan handout kepada masing-masing kelompok dan meminta mereka
mendiskusikan dan mencatat poin-poin penting dari materi.
h. Guru
menyampaikan aturan-aturan dasar dalam berdiskusi seperti menghargai pendapat
yang lain, berani mengemukakan pendapat, dan ikut aktif dalam berdiskusi.
Guru memberi waktu 15 menit untuk mendiskusikan materi pada handout
i. Setelah
waktu diskusi habis, guru membagikan LKS percobaan mengenai materi GLB dan
GLBB.
j. Guru
memberikan waktu pada siswa selama 45 menit untuk melakukan percobaan
mengenai GLB dan GLBB.
|
75 menit
|
Hold the discussion
a. Setelah
waktu melakukan percobaan selesai, Guru meminta siswa mendiskusikan hasil
percobaan yang telah ia dapat secara berkelompok diatas selembar kertas manila
b. Guru
memonitor diskusi tiap kelompok dengan berjalan ke tiap-tiap kelompok dan
membantu jika terdapat kesulitan dalam suatu kelompok
c. Guru
meminta perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya di depan kelas
d. Guru
meminta siswa untuk mengutarakan pendapat mengenai hasil diskusi kelompok
yang ditempel didepan kelas
Siswa
kemungkinan berpendapat :
- “Pada kegiatan percobaan yang pertama,
kecepatan sama”
- “Pada kegiatan
percobaan kedua mobil awal nya diam kemudian bergerak dengan percepatan yang
konstan.”
e. Guru
memberikan umpan balik atas pendapat siswa
- “Berdasarkan jawaban teman
kalian,kita dapat mengetahui bahwa percobaan pertama merupakan karakteristik
gerak apa? percobaan kedua merupakan karakteristik gerak apa?”
- “Bagaimana hubungan
antara hasil kecepatan terhadap waktu yang kalian dapat dengan grafik yang
telah kalian gambarkan?
Siswa
kemungkinan menjawab :
- “Percobaan pertama merupakan karakteristik
gerak GLB dan percobaan kedua merupakan karakteristik gerak GLBB”
- “Pada GLB grafik nya
konstan dan pada GLBB grafiknya linier pada sumbu y adalah kecepatan dan x
adalah waktu, karena pada GLB kecepatan konstan dan pada GLBB kecepatan
semakin besar dan semakin kecil karena mobil diam”
|
40 menit
|
End the discussion
a. Guru
mengkonfirmasi kembali jika masih ada hal yang membingungkan bagi siswa.
b.
Guru bersama peserta
didik mengakhiri diskusi dengan memberikan kesimpulan kepada peserta didik
mengenai gerak lurus yang telah didiskusikan dengan cara me-review pemahaman peserta didik dan
menyamakan persepsi dari perbedaan pendapat yang terjadi antar peserta didik.
Kesimpulan
yang diharapkan :
|
15
menit
|
Debrief the discussion
a. Guru
mengajak siswa untuk merefleksikan kegiatan hari ini dengan mengucapkan rasa
syukur serta kekaguman kepada Tuhan atas karunianya berkaitan dengan gerak.
b. Guru
juga meminta siswa untuk mencari contoh gerak antara gerak lurus beraturan
dengan gerak lurus berubah beraturan kemudian menceritakannya dalam tulisan.
c. Guru
memberikan tugas mandiri (PR) mengenai materi penerapan besaran-besaran fisika pada gerak lurus dalam bentuk persamaan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
|
10 menit
|
I.
Penilaian
1. Penilaian Sikap
a. Penilaian Sikap Bekerja Sama
No.
|
Indikator
|
Hasil
Penilaian
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Adanya pembagian tugas.
|
|||
2.
|
Semua anggota terlibat dalam pelaksanaan
praktikum.
|
Indikator 1
Skor
3 : Semua anggota mengerjakan tugas
sesuai dengan pembagian tugas.
Skor
2 : Sebagian anggota mengerjakan tugas
sesuai dengan pembagian tugas dan sebagian lain tidak.
Skor
1 : hanya 1 anggota yang mengerjakan
tugas sesuai dengan pembagian tugas.
Indikator 2
Skor 3 : Semua
anggota terlibat dalam pelaksanaan praktikum.
Skor 2 :
Sebagian anggota terlibat dalam pelaksanaan praktikum dan sebagian tidak.
Skor 1 : hanya
1 anggota yang terlibat dalam pelaksanaan praktikum.
b. Penilaian Sikap Bertanggung Jawab
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
|
2
|
1
|
||
1.
|
Menjaga kelengkapan alat dan bahan.
|
||
2.
|
Mengembalikan alat dan bahan sesuai kondisi
semula.
|
Indikator 1
Skor 2 :
Menjaga kelengkapan alat dan bahan yang digunakan selama melaksanakan
praktikum.
Skor 1 : Tidak
menjaga kelengkapan alat dan bahan yang digunakan selama melaksanakan
praktikum.
Indikator 2
Skor 2 :
Mengembalikan alat dan bahan sesuai kondisi semula.
Skor 1 : Tidak
mengembalikan alat dan bahan sesuai kondisi semula.
2. Penilaian Kognitif
a.
Teknik
Evaluasi : Tes tulis
b.
Instrumen
Evaluasi : Esai dengan caranya
c.
Indikator :
No
|
Indikator
|
Jumlah Soal
|
1
|
Memahami konsep benda melalui besaran-besaran fisika yang terkait
dengan gerak
|
1
|
2
|
Menjelaskan
karakteristik dan membuat grafik hubungan
panjang lintasan (s) dan waktu tempuh (t) gerak lurus beraturan (GLB)dan gerak lurus ber ubah beraturan (GLBB)
|
6
|
3
|
Menerapkan besaran-besaran
fisika dalam GLB dan GLBB dalam bentuk persamaan dan menggunakan dalam
pemecahan masalah
|
5
|
Soal
terlampir (lampiran 3)
Rubrik
Penilaian Kognitif Diskusi
No
|
Nama
Siswa
|
Jumlah
soal benar
|
Jumlah
soal salah
|
Nilai
akhir
|
1
|
||||
2
|
||||
dst
|
Ket
: Nilai akhir =
3. Penilaian Keterampilan
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : X (Sepuluh)
No.
|
Indikator
|
Hasil
Penilaian
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
||||
2.
|
Mengecek fungsi dari alat dan bahan
|
||||
3.
|
Melakukan
percobaan
|
||||
4.
|
Mempresentasikan
hasil percobaan
|
||||
Rata-rata
skor yang diperoleh
|
Indikator
1
Skor 4 : Menyiapkan semua alat dan bahan yang
diperlukan sesuai spesifikasi.
Skor 3 : Menyiapkan semua alat dan bahan yang
diperlukan tetapi sebagian tidak sesuai dengan spesifikasi.
Skor 2 : Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
tetapi tidak lengkap.
Skor 1 : Tidak menyiapkan alat dan bahan yang
diperlukan.
Indikator
2
Skor 4 :
Mengecek kelengkapan dan fungsi dari semua alat dan bahan yang diperlukan.
Skor 3 :
Mengecek kelengkapan dan fungsi dari alat dan bahan namun tidak semuanya.
Skor 2 :
Mengecek kelengkapan dari alat dan bahan namun tidak mengecek fungsinya.
Skor 1 : Tidak
mengecek kelengkapan dan fungsi alat dan bahan yang diperlukan.
Indikator
3
Skor 4 :
Melakukan praktikum sesuai prosedur dalam panduan.
Skor 1 :
Melakukan praktikum tidak sesuai prosedur dalam panduan.
Indikator
4
Skor 4 :
Mempresentasikan hasil praktikum dengan lancar dan menggunakan bahasa yang
baik.
Skor 3 :
Mempresentasikan hasil praktikum dengan lancar tapi tidak menggunakan bahasa
yang baik.
Skor 2 :
Mempresentasikan hasil praktikum dengan tidak lancar.
Lampiran
Lampiran
1
LEMBAR
KEGIATAN
SISWA
“Gerak
Lurus Beraturan“
Nilai
|
Nama Anggota : 1...............................................
2...............................................
3...............................................
A. Tujuan
Menenetukan
besarnya kecepatan benda yang bergerak lurus.
B. Alat
dan Bahan
a. Mobil
mainan
b. Stopwatch
c. Penggaris
d.
Alat-alat
tulis
C. Rancangan
Percobaan
A
|
B
|
(Rancangan percobaan 1)
D.
Langkah Percobaan
1.
Menyiapkan
stopwatch, penggaris, dan mobil mainan.
2.
Mengukur
perpindahan benda yang ditentukan dalam
perjalanan mobil.
3.
Mencatat
waktu yang dibutuhkan mobil ketika sampai pada posisi yang telah ditentukan
4.
Mengulangi
langkah 3 dengan jarak yang berbeda.
E.
Tabel Hasil Percobaan
Perpindahan
(cm)
|
0
|
10
|
20
|
30
|
40
|
50
|
Waktu
tempuh (t)
|
1. Buatlah
grafik hubungan antara perpindahan dengan waktu tempuh!
........................................................................................................................................................................................................................
2.
Dari
grafik yang kamu buat diatas, bagaimanakah hubungan antara kecepatan terhadap
waktu tempuh?
......................................................................................................................................................................................................................
3.
Bagaimanakah
kecepatan mobil tersebut apakah berubah atau sama?
......................................................................................................................................................................................................................
4.
Tuliskan
kesimpulan dari hasil percobaan yang kalian peroleh!
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran
2
LEMBAR KEGIATAN SISWA
“Gerak
Lurus Berubah Beraturan“
Nilai
|
Nama
Anggota : 1...............................................
2...............................................
3...............................................
A. Tujuan
Mengetahui konsep
dari gerak lurus beraturan
B. Alat
dan Bahan
a.
Papan luncur/ bidang miring
b. Mobil
mainan
c. Stopwatch
d. Penggaris
e. Batu
bata
C. Rancangan
Percobaan
D.
Langkah Percobaan
1.
Buatlah sebuah landasan miring dengan
mengganjal salah satu ujung papan dengan menggunakan batu bata
2.
Aturlah kemiringan landasan sedemikian rupa
sehingga saat mobil-mobilan dapat meluncur
3.
Letakkan mobil mainan di atas papan landasan
miring berpenggaris maka mobil itu akan meluncur di atas papan.
4.
Tentukan sepanjang lintasan papan landasan
miring dengan jarak 20 cm berdasarkan penggaris yang tersedia, ukurlah waktunya
dengan stopwatch (t) ketika mobil mainan tersebut melintasi lintasan papan
mendatar tersebut.
5.
Lakukan percobaan yang sama dengan merubah jarak
lintasan
6.
Masukkan hasil data percobaan pada tabel yang
tersedia.
7.
Tentukan percepatan dari mobil mainan tersebut.
8.
Buatlah grafik
Grafik
hubungan sumbu x dan y
x
No
|
Potongan
pita ketik
|
y
1.
Grafik
hubungan apa yang kamu dapatkan
Sumbu x =.....................................................
Sumbu
y =.....................................................
2. Apakah
kecepatan mobil selalu sama?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………....................................................................................
Lampiran 3
LEMBAR
EVALUASI SISWA
Nama :
Kelas :
1.
Besaran apa saja yang terdapat pada
gerak?
2.
Bagaimana karakteristik Gerak Lurus
Beraturan ?
3.
Bagaimana karakteristik Gerak Lurus
Berubah Beraturan ?
4.
Apakah perbedaan antara Gerak Lurus
Beraturan dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan? Jelaskan!
5.
Gambarkan grafik hubungan panjang
lintasan (s) dengan waktu tempuh (t) pada Gerak Lurus Beraturan!
6.
Gambarkan grafik hubungan panjang
lintasan (s) dengan waktu tempuh (t) pada Gerak Lurus Berubah Beraturan!
7.
Gambarkan grafik hubungan kecepatan (v)
dengan waktu tempuh (t) pada Gerak Lurus Berubah Beraturan!
8.
Sebuah mobil bergerak lurus berubah
beraturan dengan kecepatan awal 20 m/s. Jika pada saat t= 100 s mobil tersebut
kecepatannya tinggal 10 m/s,
a.
Berapakah percepatan mobil?
b.
Dimana mobil tersebut berhenti?
9.
Sebuah pesawat memerlukan kecepatan
minimal 20 m/s agar dapat lepas landas dari suatu landasan. Jika mesin pesawat
tersebut mampu menghasilkan percepatan maksimum 1 m/s2 panjang
minimal landasan agar pesawat dapat lepas landas adalah..
10.
Sebuah mobil mempercepat lajunya 15
km/jam menjadi 45 km/jam dalam waktu 12 detik jarak yang ditempuh mobil
tersebut adalah…
11.
Sebuah lokomotif mula-mula diam kemudian
bergerak dengan percepatan 2 m/s2. Lama waktu yang dibutuhkan
lokomotif untuk menempuh jarak 900 m adalah….
12.
Sebuah
mobil perampok sedang melarikan diri melewati mobil polisi yang sedang berhenti.
Gerak kedua mobil dinyatakan dengan grafik disamping, berdasarkan grafik
tersebut berapa waktu yang dibutuhkan polisi untuk menyusul perampok?
Komentar
Posting Komentar